Pengertian, Kekurangan, Kelebihan, Karakteristik dan Manfaat E-Learning

 

 

Tugas Individu

Mata Kuliah              : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dosen Mata Kuliah   : Drs. Muliadi, M.Kes

                                      Walidain, S.Pd

 

Pengertian, Kekurangan, Kelebihan, Karakteristik dan Manfaat

E-Learning

 

Oleh

  1. A.    Sri Sulfty Mardinin Swaty

1147040076

Kelas 21 A

 

UUP PGSD WATAMPONE

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

2012

 

  1.  Carilah di Internet pengertian dari E-Learning?

Jawab : E-Learning berasal dari perpadanan dua kata yakni e danlearning’.

emerupakan singkatan dari electronic dan learning adalah pembelajaran. Jadi

E-Learning atau elektornik learning adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan fungsi internet dalam kegiatan pembelajaran dengan menjadikan fasilitas elektronik sebagai media pembelajaran.

 

  1. Kekurangan dan kelebihan E-Learning?

Jawab :

Kekurangan E-Learning

1)      Pembelajar yang tidak termotivasi dan perilaku belajar yang buruk akan terbelakang/tertinggal dalam pembelajaran.

2)      Pembelajar dapat merasakan terisolasi dan bermasalah dalam interaksi sosial.

3)      Pengajar tidak mungkin selalu dapat menyediakan waktu pada saat dibutuhkan.

4)      Koneksi internet yang lambat dan tidak handal dapat menimbulkan rasa frustasi.

5)      Beberapa subjek/mata kuliah bisa saja sulit direalisasikan dalam bentuk e-learning.

6)      Pembelajar harus menyediakan waktu untuk mempelajari software/aplikasi e-learning sehingga dapat mengganggu beban belajarnya.

7)      Pembelajar yang tidak familiar dengan struktur dan rutin software akan tertinggal.

8)      Untuk sekolah tertentu terutama yang berada di daerah, akan memerlukan investasi yang mahal untuk membangun e-learning.

9)      Siswa yang tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal.

10)  Keterbatasan jumlah komputer yang dimiliki oleh sekolah akan menghambat pelaksanaan e-learning.

11)  Bagi siswa yang gagap teknologi, sistem ini sulit untuk diterapkan.

12)  Berubahnya peran guru dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT.

13)  Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar siswa itu sendiri sehingga memperlambat terbentuknya nilai dalam proses belajar dan mengajar.

14)  Kurangnya tenaga yang mengetahui dan memiliki keterampilan internet.

15)   Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet.

16)    Proses belajar mengajar cenderung kearah pelatihan daripada pendidikan.

Kelebihan E-Learning

1)      Pembelajar dapat belajar kapan dan dimana saja mereka punya akses internet.

2)      Efisiensi waktu dan biaya perjalanan.

3)      Pembelajar dapat memilih materi pembelajaran sesuai dengan level pengetahuannya.

4)      Fleksibilitas untuk bergabung dalam forum diskusi setiap saat, atau menjumpai teman sekelas dan pengajar secara remote melalui ruang chatting.

5)      Mampu memfasilitasi dan menerapkan gaya belajar yang berbeda melalui beragam aktivitas.

6)      Pengembangan keterampilan TIK yang mampu mendukung aktivitas lain pembelajar.

7)      Keberhasilan menyelesaikan pembelajaran/perkuliahan online mampu membangun kemampuan belajar mandiri dan kepercayaan diri pembelajar serta mendorong pembelajar untuk lebih bertanggung jawab dalam studinya.

8)      Mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis.

9)      Mempermudah interaksi antara peserta didik dengan materi, peserta didik dengan guru maupun sesama peserta didik.

10)  Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang.

11)  Kehadiran guru tidak mutlak diperlukan.

12)  Siswa dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan di mana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.

13)  Berubahnya peran siswa dari yang biasanya pasif menjadi aktif.

 

  1. Apa karakteristik dan Manfaat E-Learning?

Jawab :

Karakteristik E-Learning

1)      Memanfaatkan jasa teknologi informasi dan komunikasi berupa internet sehingga penyampaian pesan dan komunikasi guru dan siswa secara mudah dan cepat.

2)      Memanfaatkan media komputer seperti jaringan komputer (computer networks atau digital media).

3)      Menggunakan pendekatan pembelajaran mandiri.

Dengan menggunakan e-learning, pembelajar dituntut untuk melepaskan ketergantungannya terhadap pembelajar karena pembelajaran tidak dilakukan secara langsung.

4)      Materi pembelajaran dapat disimpan di komputer.

5)      Memanfaatkan komputer untuk proses pembelajaran dan juga mengetahui hasil kemajuan belajar, administrasi pendidikan, serta untuk mengetahui informasi yang banyak dari berbagai sumber informasi.

6)      Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di computer.

Manfaat E-Learning

1)      E-learning memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran dilakukan dari mana saja.

2)      E-learning memberikan kesempatan bagi pembelajar secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajarnya.

3)      Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja

4)      Mengurangi biaya perjalanan

5)       Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas

6)      Adanya peningkatan interaksi mahasiswa dengan sesamanya dan dengan dosen

7)      Terbentuknya komunitas pembelajar yang saling berinteraksi, saling memberi dan menerima serta tidak terbatas dalam satu lokasi

8)      Meningkatkan kualitas dosen karena dimungkinkan menggali informasi secara lebih luas dan bahkan tidak terbatas

9)      E-learning yang dikembangkan secara benar akan efektif dalam meningkatkan kualitas lulusan dan kualitas perguruan tinggi.

10)  Guru atau dosen akan lebih mudah melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi, juga dapat dengan efisien mengontrol kegiatan belajar siswanya

11)  Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku)

12)  Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas

13)  Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s